Khasiat Madu Asli

Madu asli/ murni sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat dan khasiat dalam penyembuhan berbagai macam penyakit. Tetapi hal yang terpenting adalah membiasakan mengkonsumsi madu sebagai upaya untuk pencegahan terhadap berbagai penyakit.
Hasil penelitian ahli Gizi dan Pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya, seperti susu, telur, daging, keju dan mentega sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Selain itu, ada banyak sekali penelitian terhadap kandungan Madu yang kesemuanya membenarkan bahwa Madu memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bahkan kulit.
Madu yang baik dikonsumsi oleh segala tingkatan usia dan dalam segala kondisi ini sangat dianjurkan untuk dibiasakan dalam mengkonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat dan khasiat madu sebagai konsumsi sehari-hari berdasarkan usia dan kondisi adalah sebagai berikut :
  1. Janin : Madu dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan.
  2. Ibu Hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
  3. Bayi : Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ) dan kecerdasan mental (EQ). Untuk mencegah resiko penyakit botulisme (madu terkontaminasi dengan spora C), sebaiknya jangan dikonsumsi untuk bayi dibawah 1 tahun kecuali dapat dipastikan bahwa madu tersebut higienis. Madu baik juga dikonsumsi sebagai tambahan makanan bagi ibu menyusui.
  4. Anak-anak : membantu agar nafsu makan meningkat (adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), sehingga anak tumbuh sehat, lincah dan riang serta tahan dari berbagai penyakit. (H.Mohamad, 2002).
  5. Remaja : Khasiat madu pada akil baligh remaja membuat tumbuh sangat cepat, gizi yang baik dan teratur akan membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna.
  6. Dewasa : Tingkat kelelahan dan pekerjaan yang menumpuk mengakibatkan stress sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit . Dalam hal ini para pekerja pabrik yang bekerja keras seharian penuh (long shift) tanpa zat gizi yang memadai rawan terjangkit penyakit seperti thypus, radang, serta infeksi bakteri lainnya maka dalam hal ini Madu adalah makanan tambahan terbaik.
  7. Lanjut Usia : Madu adalah makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh, dimana pada usia tersebut organ pencernaan kita sudah mulai berkurang fungsinya.

Beberapa tips/ cara sederhana membedakan ciri-ciri madu asli dengan madu palsu :

  • Dengan cara menuangkan madu ke dalam gelas yang berisi air dingin, madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas dan tidak berpendar.
  • Selain itu, ciri madu asli ketika dimasukkan ke dalam air, madu tersebut tetap solid dan tidak membuat air menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena madu asli tidak mengandung banyak air.
  • Menungkan ke dalam wadah air lalu menggoyang-goyangkan madu di dalam air tersebut sehingga membentuk sarang Lebah.
  • Madu dipanaskan dalam sebuah sendok lalu dibiarkan sampai waktu tertentu. Jika madu tersebut asli, maka madu tersebut akan luber dan jatuh dari wadah tersebut .
  • sumber:http://griyamadusehat.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *